Contoh & Cara Membuat Latar Belakang


Cara membuat latar belakang masalah baik berupa proposal penelitian, skripsi, laporan, maupun sebuah karya tulis ilmiah sebenarnya terdiri dari berbagai macam variasi format penulisan. Namun, dari berbagai macam versi tersebut haruslah memuat aturan dasar yang baku yang tetap harus ditaati oleh seorang penulis.

Fungsi Latar Belakang Masalah

Fungsi dari latar belakang masalah dalam sebuah proposal atau makalah adalah menjelaskan gambaran awal dari topik yang akan kita bahas dari karya tulis yang kita kerjakan. Dapat dikatakan bagian ini merupakan ilustrasi awal untuk menjelaskan mengapa anda mengangkat topik karya tulis tersebut.

Contoh Kalimat Pembukaan Latar Belakang
Indonesia semakin memerlukan bahan bakar minyak alternatif sebagai solusi untuk mengatasi tingginya kebutuhan energi dewasa ini. Menurut data dari kementrian ESDM (www.migas.esdm.go.id diakses 6 april 2015) cadangan minyak negara Indonesia hanya berkisar 4,3 milyar barrel yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak untuk rentang waktu 20 tahun ke depan jika tidak perubahan atau ditemukannya bahan bakar alternatif.
Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut Indonesia terancam akan mengimpor bahan bakar minyak pada tahun 2035. Masih menurut sumber yang sama rata-rata kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia per hari mencapai 1,5 juta barrel/ hari………”

Kaedah Penulisan

Untuk menulis latar belakang permasalahan sebelumnya kita harus memperhatikan kaedah dari penulisan itu sendiri pada umumnya, seperti:
1. Gaya bahasa
2. Ejaan kata, serta
3.  Relevansi (keterkaitan dengan topik yang dibahas)
Sesuaikanlah tiga poin tersebut dengan tipe karya tulis yang hendak anda buat. Jika memang karya tulis tersebut bersifat formal, sebaiknya hindari penggunaan kata atau kalimat yang kurang formal dan tidak sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Isi Penulisan

Selain ketiga poin diatas, sebuah paparan latar belakang masalah hendaknya berisi tulisan yang menggambarkan sejarah, perkembangan, penelitian yang mungkin ada sebelumnya, serta poin lain yang terkait yang menjadikan topik tersebut layak anda angkat sebagai karya tulis seperti yang telah disinggung di atas.

Misalnya saat ini anda sedang membuat makalah yang memiliki topik “Bahan Bakar Alternatif”. buatlah gambaran yang menjelaskan sejarah, kondisi terkini energi/ bahan bakar, penelitian yang mungkin ada sebelumnya serta beberapa hal terkait lainnya.

Selain itu kembangkanlah topik utama menjadi beberapa kalimat misalnya, beberapa faktor-faktor mengapa kita membutuhkan bahan bakar alternatif ditinjau dari sisi ekonomi, budaya, sosial maupun politik.

Contoh & Cara Membuat Latar Belakang Permasalahan


Memulai dengan Paragraf Kalimat yang Menarik

Salah satu poin plus utama dalam penulisan latar belakang, baik yang berupa makalah, skripsi, laporan, serta bentuk lain dari karya tulis adalah paragraf awal yang menarik. Hal ini karena sebuah kalimat pembuka yang menarik akan lebih mudah mendapatkan perhatian. Namun yang juga perlu diingat, kualitas dari sebuah karya tulis tidak hanya berdasarkan dari paragraf awal dari sebuah latar belakang.

Penggunaan Kutipan

Seperti halnya bab lain pada sebuah karya tulis esai dalam latar belakang sebaiknya berisi kalimat yang informatif, jelas dan mudah untuk dipahami. Termasuk juga ketika anda mengutip data maupun teori dari sebuah referensi.

Sah bagi seorang penulis untuk mengutip tulisan maupun karya orang lain asalkan hal tersebut dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Kutipan teori dapat menjadi faktor “penguat” esai anda jika digunakan secara tepat. Tetapi anda juga tetap harus meletakkan sumber referensi yang anda kutip agar karya tulis anda tidak dianggap hanya sekedar “copy paste”.


Untuk meletakkan referensi atau rujukan anda dapat menuliskannya di bagian bawah tulisan (footer/ catatan kaki) dari lembar dimana paragraf tersebut berada, dan juga meletakkannya pada bagian lembar daftar pustaka. Semoga bermanfaat..

Share this: