Contoh Surat Penagihan Hutang Piutang (Resmi)


Contoh Surat Penagihan Hutang Piutang/ Kredit (Resmi)Dalam hutang piutang terkadang tidak selalu berjalan mulus seperti apa yang diinginkan. Ada kalanya pihak peminjam (debitur) memenuhi jadwal pembayaran atau melakukan pelunasan pinjaman tepat waktu, namun, ada juga peminjam yang perlu untuk diingatkan mengenai jadwal pembayaran (pinjaman yang telah jatuh tempo) yang sudah disepakati sebelumnya.

Jika pihak peminjam lupa atau lalai dalam melakukan pembayaran atas hutang, maka sebagai pihak kreditur (pemberi pinjaman) selayaknya mengingatkan peminjam, dengan pengingat yang dapat berupa lisan maupun tertulis.

Contoh Cara Penulisan Surat Penagihan dan Peringatan

Dibawah ini merupakan salah satu contoh format penulisan surat penagihan dan peringatan atas hutang piutang yang telah jatuh tempo dengan format resmi. Terkadang kita mungkin menemukan surat penagihan dengan format SP1, SP2 dan SP3 yang biasanya dikeluarkan oleh Bank maupun lembaga keuangan jenis lain, hal itu juga sah-sah saja untuk dilakukan.


Anda juga dapat merubah format di bawah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Sekedar catatan jika anda merupakan wakil dari instansi jangan lupa untuk mencantumkan logo instansi beserta alamat pada Kop/ kepala surat. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan meninggalkan komentar pada kolom dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat..

Contoh cara penulisan surat penagihan/ peringatan tentang hutang piutang lengkap

------------------------------------------------------------------------------------------------------
             No      : B 142 /KC-II/05/2015                                    Solo, 1 Mei 2015
             Lamp  : -
    Hal     : Tunggakan Kewajiban      
                                                                                             Kepada Yth
Sdr  Yunaike Khristianingtyas
                                                                                    Jl Raya Sambigede No.31
Kota Solo


Surat Penagihan dan Peringatan

Merujuk perjanjian hutang piutang yang telah dilakukan pada tanggal 1 Februari 2015 yang lalu, maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.       Sesuai perjanjian hutang piutang yang tercatat bahwa fasilitas pinjaman Sdr dengan telah jatuh tempo pembayaran dan bunga pada tanggal 30 Maret 2015, namun  sampai hari ini saudara belum juga dapat menyelesaikan seluruh kewajiban tersebut.

2.       Bersama ini kami beritahukan bahwa kewajiban  yang harus saudara selesaikan sampai dengan tanggal 30-03-2015 berupa tunggakan pokok (pinjaman) dan bunga adalah sbb:
a.                   Pokok pinjaman                      : Rp.19.000.000,-
b.                  Bunga pinjaman                      : Rp.     190.000,- (+)

                           Total Pinjaman                        : Rp.19.190.000,-

3.       Sehubungan dengan hal tersebut di atas mengingat kewajiban tunggakan pinjaman dan bunga tersebut sampai dengan saat ini belum saudara selesaikan maka dengan ini di harapkan kehadiran saudara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pada :

Hari tgl            : Jumat, 2 Mei 2015
Pukul               : 09.00WIB
Tempat            : Koperasi Sehat Sentosa Cabang Solo Jl. Letjend Sutoyo No.105 Solo

Perlu saudara ketahui apabila tunggakan tersebut belum ada juga penyelesaian dalam waktu satu minggu setelah disampaikannya surat ini, maka hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan kami, untuk menyelesaikan urusan penagihan ini selanjutnya akan kami serahkan/ limpahkan melalui saluran hukum/ pengadilan Negeri/ kantor pengurusan kekayaan Negara dan lelang, serta kami akan memasang tanda (plang) tanah /Bangunan jaminan sedang dalam pengawasan kami dan akan di jual. Demikian untuk mendapat perhatian saudara dan atas kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

                                                                                  Koperasi Sehat Sentosa                            
            Kantor Cabang Kota Solo



   Teguh Harijadi                       Eirik Sugiharto
  Pemimpin Cabang                 Supervisor Collection



Tindasan:
  1. Yth. Kepala Kantor Pusat Koperasi Sehat Sentosa (sebagai laporan)
  2. Arsip

Share this: