Contoh Surat Pernyataan Hutang & Kesanggupan Membayar Hutang

Contoh Surat Pernyataan Hutang & Kesanggupan Membayar Hutang – Berikut ini merupakan contoh surat bagi anda yang akan menjalankan sebuah transaksi dan merasa perlu untuk melampirkan surat pernyataan hutang dan kesanggupan membayar hutang untuk melengkapi surat perjanjian hutang-piutang yang telah anda buat sebelumnya.

Contoh Surat Pernyataan Hutang & Kesanggupan Membayar Hutang Terbaru


Selain sebagai salah satu cara meminimalisir perselisihan yang mungkin terjadi di kemudian hari, surat pernyataan hutang juga dapat menjadi sebagai salah bukti jika terjadi wanprestasi/ kegagalan bayar oleh pihak penanggung hutang.
Selain nama, nomer indentitas dan alamat yang jelas, dalam surat pernyataan hutang hendaknya tercantum pula nominal serta jangka waktu pelunasan yang sepakati serta konsekuensi ketika wanprestasi terjadi agar masing-masing pihak tidak menjadi pihak yang dirugikan.
Ada baiknya dalam pembuatan surat pernyataan hutang, disaksikan dan ditandatangani pula oleh minimal 2 orang saksi yang bukan merupakan kerabat dari kedua belah pihak (pihak yang netral).
Berikut ini format contoh surat pernyataan hutang dan kesanggupan membayar hutang yang dapat anda jadikan referensi:

FORMAT SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama       : Petrus Yusack Kristianto
No. KTP   : 1234059678
Alamat     : Jl. Bunga Krisantium No. 14 Medan

Dengan ini menyatakan bahwa:

1. Pada hari Senin tanggal 11 November 2016 saya melakukan peminjaman uang kepada saudara Muhammad Umar sejumlah Rp. 45.000.000 (empat puluh lima juta rupiah) dengan perjanjian uang tersebut akan saya kembalikan pada 30 hari ke depan, yakni pada tanggal 11 Desember 2016.

2. Saudara Muhammad Umar bersedia memberikan toleransi keterlambatan pembayaran/ toleransi pembayaran kewajiban terhadap hutang yang saya lakukan maksimal selama 14 hari setelah jatuh tempo yakni pada tanggal 25 Desember 2016.

3. Jika saya melakukan pembayaran di luar batas maksimal tanggal yang disepakati pada butir ke 2 diatas atau tidak melakukan pembayaran atas kewajiban saya, maka saya bersedia untuk mempertanggungjawabkan tindakan saya tersebut secara hukum.

Demikian surat pernyataan hutang ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.


Medan, 11 November 2016
Yang Membuat Pernyataan,



Petrus Yusack Kristianto




Saksi 1                                                                      Saksi 2



Budi Wiryawan                                                         Rudi Waseso 

Share this: